Tanam Rumput Odot di Sawah Manfaatkan Lahan Yang Tersisa

Tanam rumput odot yang tepat dilakukan dengan memilih fasilitas tanam yang menyediakan semua komponen yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangbiakannya, serta memberikan pupuk secara merata untuk mendukung pertumbuhan daun dan batang. Sementara itu, penting untuk memperhatikan kebutuhan akan cahaya matahari dan jarak tanam yang ideal agar tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Pakan merupakan elemen krusial dalam kegiatan peternakan. Ketersediaan pakan yang memadai sangat penting untuk mendukung produktivitas hewan ternak. Hijauan adalah jenis pakan yang harus tersedia bagi hewan ternak ruminansia. Seiring dengan pertambahan jumlah ternak, kebutuhan akan hijauan pakan juga meningkat. Hal ini mengimplikasikan perlunya lahan yang lebih luas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, kenaikan harga lahan menjadi hambatan dalam upaya perluasan lahan. Oleh karena itu, solusi perlu dicari untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara Tanam Rumput Gajah Odot

Pengolahan Lahan

Tanam Rumput Odot di Sawah

Persiapan lahan merupakan langkah awal dalam mengubah fungsi lahan yang sebelumnya ditanami dengan komoditas tanaman lain atau jenis rumput lainnya. Persiapan lahan ini melibatkan pengolahan tanah, seperti membersihkan, membajak, dan menggarapnya. Tujuan pembajakan dalam persiapan lahan untuk rumput adalah untuk membalik lapisan tanah dan memecahnya menjadi bongkahan-bongkahan, sementara penggaruan dilakukan untuk menggemburkan tanah dan membersihkan sisa perakaran tanaman pengganggu. Tanam rumput odot di sawah bisa dimanfaatkan agar lahan yang tersisa bisa menjadi tanaman pakan.

Penanaman

Bibit ini diperoleh dengan memotong rumput yang paling subur sepanjang 15 atau 30 cm. Pemotongan sebaiknya dilakukan dengan pisau tajam agar tidak menyebabkan luka pada tanaman. Buatlah tumpukan tanah dengan lebar sekitar 60-80 cm dan tinggi 20 cm. Cara tanam rumput odot dalam bentuk stek dengan 3 ruas, di mana 2 ruas ditanam di dalam tanah di tengah gundukan dan 1 ruas ditanam di luar. Jarak antara tanaman dalam barisan adalah 50-75 cm, sementara jarak antar barisan adalah 75-150 cm.

Pemupukan

Tanah merupakan faktor penting dalam produktivitas dan pertumbuhan tanaman hijauan pakan karena menjadi media tumbuh bagi tanaman tersebut. Tanah yang optimal adalah yang memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan kesuburan tanaman hijauan pakan. Ketersediaan unsur hara yang lengkap pada tanah mengandung bahan organik yang cukup seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), dan unsur hara lainnya. Pemberian pupuk dapat menyediakan unsur hara yang diperlukan untuk tanah yang subur. Oleh karena itu cara tanam rumput odot yang benar diperlukan kegiatan pemupukan untuk menciptakan kondisi tanah yang optimal. Pemberian pupuk kandang dengan dosis 10 ton per hektar kepada rumput odot memberikan dampak positif terhadap tinggi tanaman, luas daun, dan jumlah anakan.

Pengendalian Gulma

Gulma merupakan jenis tanaman yang tidak diinginkan tumbuh di lahan budidaya tanaman tertentu. Para petani percaya bahwa keberadaan gulma tidak mengganggu pertumbuhan rumput odot. Gulma dianggap kalah bersaing dengan rumput odot dalam menyerap unsur hara. Oleh karena itu, sebagian petani hanya melakukan penyiangan gulma setelah panen selesai, bahkan ada yang hanya memotong bagian atas tanaman gulma tanpa mencabut akarnya. Beberapa petani juga menggunakan bahan kimia untuk membasmi gulma saat melakukan penyiangan.

Pemanenan

Tanam rumput odot yang sesuai panduan dengan perawatannaya akan menghasilkan hasil panen yang maksimal. Rumput odot bisa dipanen setelah 70-80 hari. Tanda bahwa rumput odot siap dipanen adalah ketika ruas batangnya telah mencapai panjang 15 cm. Pada musim hujan, waktu panen bisa menjadi lebih singkat, hanya sekitar 35-45 hari saja.

Tanam Rumput Pakan Kambing

Pakan untuk kambing terdiri dari tiga jenis utama, yaitu pakan hijauan, dedaunan, dan pakan penguat. Secara alami, terdapat berbagai jenis pakan hijauan yang tersedia untuk pakan kambing. Masalah aroma yang menyengat pada hijauan dapat diatasi dengan cara menjemur dan menyalurkan daunnya. Selain itu, daun juga dapat diberikan saat kambing sedang dalam kondisi lapar. Hijauan kaya akan karbohidrat dalam bentuk gula sederhana, pati, dan fruktosa yang memainkan peran penting dalam memberikan energi.

Baca juga : Cara Panen Odot

Tanam Rumput Pakan Sapi

Rumput yang digunakan sebagai pakan ternak sapi umumnya berasal dari rumput liar yang banyak ditemukan di pinggir hutan, sungai, dan sawah. Rumput merupakan salah satu pakan utama bagi hewan ternak, meskipun tidak semua jenis rumput cocok untuk dijadikan pakan.

Terdapat beberapa jenis rumput pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan sangat direkomendasikan. Salah satunya adalah rumput odot, yang mengandung sekitar 12% protein kasar, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein ternak. Kandungan nutrisi dalam rumput ini lebih melimpah daripada rumput gajah. Saat musim hujan tiba, hewan lebih memilih rumput odot karena teksturnya yang lebih lembut dan rasanya yang disukai.