Ini Cara Pemberian Rumput Odot Untuk Kelinci

Cara pemberian rumput odot untuk kelinci sebaiknya dalam keadaan sudah dilayukan terlebih dahulu. Rumput odot harus disimpan minimal selama 6 hingga 8 jam sebelum diberikan kepada kelinci. Penting untuk memastikan bahwa kelinci, terutama yang berusia di bawah 2 bulan, tidak mengonsumsi rumput odot yang masih segar.

Cara Pemberian Rumput Odot Untuk Kelinci

Rumput odot dapat dijadikan pakan alternatif yang sangat baik untuk kelinci. Pertumbuhan rumput odot sangat cepat, dengan tunas baru tumbuh hanya dalam beberapa minggu setelah panen. Sifatnya yang beruas-ruas dan daunnya yang lunak membuatnya sangat disukai oleh kelinci, mirip dengan tanaman tebu.

Pemberian rumput odot kepada kelinci diperbolehkan, asalkan diberikan saat rumput tersebut sudah dalam kondisi layu. Jika diberikan dalam keadaan segar, rumput odot dapat menyebabkan gas pada pencernaan. Kelinci yang berusia di bawah 2 bulan mungkin tidak memiliki pencernaan yang optimal, dan konsumsi berlebihan rumput odot dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan mereka.

Rumput Odot Untuk Pakan Kelinci

Beberapa peternak kelinci melakukan penanaman rumput odot untuk kelinci, kemudian mengeringkannya dan menggilingnya menjadi tepung. Tepung ini digunakan sebagai bahan baku alternatif untuk meningkatkan kadar serat pada pelet pakan kelinci. Rumput odot yang amsih segar memiliki kandungan air 80% dengan protein 14 %.

Baca juga : Cara Panen Odot

Kelinci memerlukan 80% kandungan serat dalam asupan makanannya setiap harinya karena sistem pencernaan mereka yang sederhana tidak mampu mencerna semua jenis makanan. Oleh karena itu, kelinci secara alami memerlukan rerumputan sebagai makanan utama di alam liar, sementara 20% sisanya dapat terdiri dari buah dan tanaman lain. Namun, untuk kelinci hias seperti holland lop, jersey woolly, netherland dwarf, fuzzy lop, dan sejenisnya, makanan utamanya adalah hay karena mereka tidak pernah hidup di alam liar.

Rumput odot pakan kelinci bisa digunakan dengan beberapa variasi, antara lain:

  1. Tepung Rumput Odot
    Odot untuk kelinci dikeringkan lalu digiling hingga menjadi tepung. Hal ini bermanfaat ketika akan diransum dengan bahan lain untuk dijadikan pelet.
  2. Hay Rumput Odot
    Membuat hay dari rumput odot cukup sederhana. Setelah dipotong, rumput odot dapat dijemur hingga berubah menjadi warna kekuningan. Biasanya, proses penjemuran membutuhkan waktu sekitar seminggu, tetapi di daerah yang panas, proses tersebut mungkin dapat berlangsung lebih singkat. Jika penjemuran kurang dari seminggu, perhatikan bagian batang rumput. Jika bagian batang sudah berwarna kuning, itu menandakan bahwa kadar airnya telah berkurang secara signifikan dan hay tersebut sudah dapat diberikan kepada kelinci.

Rumput odot berasal dari jenis rumput unggulan yang awalnya dikembangkan di Amerika sebagai pakan ternak. Kemudian, rumput ini diperkenalkan ke Indonesia oleh pekerja Amerika yang memiliki asal-usul Indonesia. Penanaman dan pengembangan rumput odot dilakukan oleh Pak Odot, yang ternyata merupakan keponakan dari pekerja asal Indonesia tersebut. Salah satu keunggulan rumput odot adalah tingginya kandungan protein dibandingkan dengan jenis rumput liar lainnya.