Cara Panen Odot, Ini Caranya !

Cara panen rumput odot bisa dilakukan dengan mudah. Metode panen melibatkan pemotongan rumput dan meninggalkan sekitar 5-10 cm batang rumput. Setelah itu, disarankan untuk menyiramnya dengan pupuk organik agar daun dapat tumbuh kembali. Waktu panen rumput odot adalah ketika rumput odot mencapai usia 25-30 hari. Jika dibiarkan terlalu lama, rumput akan menjadi tua dan kering, menyebabkan kurang diminati oleh hewan ternak.

Panen odot pertama kali dipanen saat mencapai usia 70-80 hari. Beberapa tanda kesiapan panen dapat dilihat ketika ruas batang telah mencapai panjang sekitar 15 cm. Untuk panen berikutnya, dapat dilakukan dalam rentang 35-45 hari pada musim penghujan atau 40-50 hari pada musim kemarau.

Budi daya Rumput Odot

Rumput Odot, yang merupakan salah satu varietas dari rumput gajah (Pennisetum purpureum), dikenal juga dengan sebutan Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass di luar negeri. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk tumbuh pada musim kemarau dan dapat berkembang di tanah dengan tingkat kesuburan rendah.

Rumput Odot memiliki kandungan protein kasar sebesar 14%, protein kasar pada batang sekitar 8.1%, protein kasar pada daun sekitar 14.35%, kadar lemak kasar pada batang sekitar 0.91%, kadar lemak kasar pada daun sekitar 2.72%, dan tingkat pencernaan daun sekitar 72.68%. Ciri khasnya melibatkan pertumbuhan yang cepat, pertumbuhan berumpun dengan tunas atau rhizoma, akar yang kuat dan dalam, daun dan batang yang halus tanpa rambut, batang yang lunak dan mudah dikonsumsi oleh ternak.

Rumput Odot memiliki perbedaan dengan varietas Rumput Gajah lainnya, dengan tinggi maksimal hanya mencapai 1 meter dan batang yang tetap pendek meskipun sudah saatnya berbunga. Jarak antar ruasnya hanya sekitar 2-4 cm. Kekurangannya, rumput Odot tidak cocok untuk ditanam di lahan yang terlalu basah atau tergenang air. Selain itu, dia membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup banyak, sehingga tidak berkembang maksimal di lahan yang terlalu rindang.

Cara Panen Odot

Rumput Odot dapat ditanam dengan dua pola tanam yang berbeda. Pertama, menggunakan pola monokultur, di mana suatu lahan hanya ditanami oleh tanaman odot. Alternatif kedua adalah menanam rumput odot di antara tanaman lain. Jarak antar barisan tanaman sekitar 50-75 cm. Pada setiap bedengan tanah yang akan ditanami odot, disarankan untuk menanam 2 atau 3 stek.

Panen rumput odot dengan beberapa cara berikut :

  1. Gunakan sabit yang tajam untuk melakukan pemotongan.
  2. Potong rumput odot pendek sejajar dengan permukaan tanah; jika dipotong terlalu tinggi, batangnya akan lebih kecil, dan jika terpapar hujan terus-menerus, dapat menyebabkan busuk dan kematian.
  3. Pada panen pertama rumput odot, disarankan untuk melakukan panen pada usia 60-70 hari setelah penanaman.

Usia panen rumput odot selama musim penghujan adalah 35-40 hari, sementara pada musim kemarau disarankan untuk panen pada usia 40-50 hari. Untuk memastikan panen optimal pada musim kemarau, disarankan melakukan pengairan secara rutin. Setelah proses panen, pastikan bahwa jumlah anakan dalam satu rumpun tidak kurang dari 2, dan seterusnya minimal 40 batang. Dengan kondisi hara yang baik, potensi produksi per rumpun bisa mencapai 15 kg.