Begini Cara Menanam Rumput Odot Yang Benar, Simak!

Cara menanam rumput odot yang benar bisa dilakukan berbagai media selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Menjalankan usaha budidaya rumput yang bermanfaat memberikan keuntungan berlipat-lipat. Salah satu varietas yang sangat bermanfaat untuk pakan ternak adalah rumput odot odot, yang juga dikenal sebagai Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass. Rumput ini memiliki potensi besar sebagai pakan untuk ternak seperti sapi, kambing, dan domba. Perbedaan utama antara rumput odot dan rumput odot yaitu tinggi tanaman, dimana rumput odot memiliki ketinggian sekitar 1 meter, jauh lebih rendah daripada rumput odot yang bisa tumbuh hingga 4,5 meter. Tampilan daun rumput odot juga menyerupai pandan dengan daun yang rapat. Keistimewaan lain dari rumput odot adalah efisiensi dalam penggunaan lahan untuk penanaman.

Di Pulau Jawa, ketersediaan lahan untuk pertanian semakin menipis seiring berjalannya waktu. Fenomena ini dipicu oleh perubahan fungsi lahan yang semula digunakan untuk pertanian kini dialihkan menjadi area permukiman, komersial, dan industri. Untuk mengatasi permasalahan ini, solusi yang paling sesuai adalah dengan menanam jenis rumput yang memiliki produktivitas tinggi serta kandungan nutrisi yang melimpah dibandingkan dengan jenis rumput lainnya.

Cara Menanam Rumput Odot Yang Baik

Sebelum menanam odot maka ada baiknya pelajari dahulu syarat tumbuh rumput odot agar pertumbuhan maksimal. Adapun beberapa syarat nya antar lain :

  • Rumput odot memiliki toleransi yang luas terhadap ketinggian tempat, mulai dari 0 hingga 3000 meter di atas permukaan laut, membuatnya cocok ditanam di sebagian besar area budidaya, baik dataran rendah maupun tinggi.
  • Rumput ini tumbuh baik di tanah subur yang tidak terlalu padat dengan pH sekitar 6,5 dan curah hujan sekitar 1000 mm per tahun.
  • Beragam tekstur tanah dapat mendukung pertumbuhannya, mulai dari tanah berbutir ringan, sedang, hingga berat.
  • Kondisi tanah yang ideal adalah yang lembab dengan kelembapan optimal sekitar 60-70%.
  • Rumput odot dapat dibudidayakan di daerah dengan siang hari yang relatif pendek, dengan foto periode kritis antara 13 hingga 12 jam.
  • Meskipun bijinya umumnya memiliki kualitas yang tidak terlalu baik, lebih disarankan untuk melakukan budidaya melalui teknik vegetatif.
cara menanam rumput odot

Baca Juga : 1 Hektar Rumput Odot Untuk Berapa Ekor Sapi

Cara menanam rumput odot di sawah bisa dilakukan seperti menanam dilahan seperti baisanya. Namun yang harus diperhatikan adalah menjaga kandungan air disawah karena odot tidak cocok terlalu banyak air. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan lahan atau memanfaatkan lahan sawah dipinggir yang masih tersisa.

Beberapa memanfaatkan menanam odot di polybag karena keterbatasan lahan. Maka menanam odot dipolybag perlu mempersiapkan beberapa kebutuhan agar bisa tumbuh dengan baik.

Cara Menanam Rumput Odot di Polybag

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk menanam rumput odot di polybag antara lain:

  1. Persiapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan:
    Gunakan polibag dengan diameter minimal 20 cm. Polibag yang lebih besar akan memberikan ruang yang lebih luas untuk pertumbuhan tanaman, yang berpengaruh pada jumlah anak-anak dan kecepatan pertumbuhan.
    Siapkan sekop, gembor untuk penyiraman air, dan ember plastik.
  2. Persiapkan bahan-bahan berikut:
    Pilih tanah dari lapisan atas atau yang telah diolah untuk media tanam yang baik.
    Sediakan pupuk organik.
    Gunakan sekam padi, arang sekam, atau cocopit.
  3. Buatlah media tanam dengan mencampurkan tanah, pupuk organik, dan arang sekam dalam perbandingan 1:1:1. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam polibag.
  4. Lakukan penanaman bibit rumput odot
    Pilih bibit stek batang dengan panjang sekitar 20 cm dari batang yang sudah tua dan memiliki ruas-ruas.
    Tanam bibit dengan membenamkan bagian tengahnya ke dalam media tanam di polibag dengan posisi agak miring, dan pastikan kedalaman penanaman kurang dari 1/3 panjang stek batang.

Sedangkan cara menanam rumput odot dilahan usahakan memastikan pertumbuhan dan perkembangan rumput odot mencapai kondisi optimal, berikut adalah langkah-langkah mempersiapkan lahan:

  1. Melakukan proses pengolahan tanah dengan cara membajak atau mencangkul hingga kedalaman mencapai 20-30 cm.
  2. Membersihkan lahan dari segala sisa gulma dan tanaman lainnya. Tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah kemungkinan serangan hama dan penyakit setelah rumput odot ditanam.
  3. Membuat bedengan dengan gundukan tanah dan cekungan di sebelahnya untuk saluran air. Hal ini penting untuk mencegah genangan air serta sebagai saluran untuk penyiraman dan drainase. Ukuran tinggi dan lebar gundukan serta cekungan adalah sekitar 30 cm.
  4. Melakukan penyiraman dan pemupukan pada bedengan hingga tanah menjadi basah dan lembab.