Lakukan Cara Ini! Agar Kambing Mau Makan Rumput Odot

Cara melatih kambing makan rumput odot perlu dilakukan, karena kebanyakan banyak kambing tidak biasa makan rumput odot. Rangkaian perilaku makan pada kambing dimulai dengan mencium aroma makanan, dan apabila makanan tersebut sesuai dengan seleranya, kambing akan mengonsumsinya. Umumnya, kambing cenderung menyukai aneka jenis hijauan, sehingga dapat untuk membedakan rasa pahit, manis, asam, dan asin. Perlu dicatat bahwa kebiasaan makan kambing berbeda dengan hewan ruminansia lainnya, dan jika tidak terkendali, perilaku makan tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Bibir kambing yang tipis memudahkan mereka dalam mengambil pakan, sehingga mereka dapat dengan lincah mengonsumsi rumput pendek dan merenggut dedaunan. Kambing menunjukkan kemampuannya dalam mengonsumsi berbagai jenis tanaman dan kulit pohon dengan rakus. Terhadap makanan yang disukainya, kambing akan segera merenggutnya, termasuk rumput, daun, dan semak belukar. Maka cara agar kambing mau makan rumput odot perlu dipelajari agar memudahkan peternak.

Kambing makan berdasarkan kebiasaanya, terhadap makanan yang masih baru cenderung untuk tidak memakannya. Jika ada pilihan lain yang sesuai kebiasaanya maka akan memilih yang sudah biasa. Biasanya jika mendatangkan kambing baru, maka butuh waktu untuk melatih makan dengan rumput odot, karena kebiasaanya yang berbeda.

cara agar kambing mau makan rumput odot

Berikut beberapa tips cara agar kambing mau makan rumput odot, antara lain :

  1. Beri pakan saat posisi lapar, misal biasanya kambing makan pagi-sore, maka tunda dulu sampe sore sampe kambing terasa lapar.
  2. Campurkan rumput odot dengan jenis hijauan lain, agar tidak bosen dan variasi. Manfaatnya agar kambing mulai belajar makan rumput odot sedikit demi sedikit secara bertahap.
  3. Rumput odot dicacah terlebih dahulu agar memudahkan kambing memakannya. Jika masih belum dimakan, maka dibuat komboran dengan dicampur polar atau ampas tahu, dll.
  4. Beri jamuan berupa gula merah dan kunyit hitam yang direbus untuk penambah nafsu makan.

Cara Penanaman Rumput Odot

Sebelum memulai menanam rumput odot ada baiknya pahami dulu beberapa caranya. Penanaman rumput odot yang benar akan membuat hasil lebih optimal. Rumput odot selain memiliki kandungan nutrisi yang baik, juga produktivitasnya optimal. Siapkan beberapa hal ini agar tanam rumput odot tubuh optimal, antara lain :

Persiapan Lahan

Sebelum memulai penanaman rumput odot, perlu dipastikan bahwa lahan yang akan dijadikan medianya berada dalam kondisi yang baik. Langkah awal melibatkan membersihkan lahan dari sampah atau rumput liar yang dapat menghambat pertumbuhan rumput odot. Penting juga untuk memastikan bahwa lahan tersebut memiliki sistem drainase atau pengaliran air yang memadai agar rumput dapat tumbuh dengan subur.

Proses persiapan lahan dapat dimulai dengan menghilangkan semua sisa-sisa tanaman atau benda yang tidak diperlukan. Selanjutnya, lakukan penggalian lahan hingga kedalaman sekitar 15-20 cm dan ratakan permukaannya. Langkah ini bertujuan untuk mempermudah lahan dalam menyerap nutrisi dan air yang dibutuhkan oleh rumput odot.

Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk tanam rumput odot sebisa mungkin mengandung unsur hara, sesuai dengan kebutuhan tumbuhan. Unsur hara utama yang diperlukan oleh rumput odot meliputi nitrogen, fosfor, dan kalium. Kekurangan unsur hara tersebut dalam media tanam dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan rumput odot, mengakibatkan ketidakoptimalan dalam pertumbuhan tanaman.

Penting juga untuk memperhatikan tingkat keasaman atau pH tanah, karena pH yang tidak sesuai dapat menjadi hambatan bagi pertumbuhan tanaman. Dengan memastikan media tanam mengandung unsur hara yang cukup dan pH tanah yang sesuai, rumput odot dapat tumbuh secara optimal. Melalui penggunaan media tanam yang tepat dan perawatan yang baik, rumput odot dapat memberikan manfaat positif bagi lingkungan sekitarnya.

Persiapan Bibit

Pastikan bibit rumput odot yang dipilih telah melewati uji kualitas dan memenuhi standar kemurnian. Benih yang berasal dari bibit yang tidak sehat atau berkualitas rendah dapat menyebabkan kegagalan dalam penanaman rumput odot. Kualitas benih yang kurang baik juga berpotensi menghambat pertumbuhan dan perkembangan rumput odot, sehingga hasil panennya menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, pemilihan bibit yang telah teruji kualitas dan kemurniannya menjadi kunci dalam memastikan kesuksesan penanaman rumput odot.

Pola dan Cara Tanam

Pola tanam satu baris cocok diterapkan pada lahan yang luas, dengan jarak tanam antar baris sekitar 30-40 cm. Dalam pola ini, rumput odot ditanam secara berbaris, mempermudah proses pemeliharaan dan panen. Penggunaan pola tanam satu baris dapat memberikan hasil maksimal, terutama pada lahan yang datar dan tidak terlalu terjal.

Langkah awal melibatkan pembuatan parit yang cukup dalam dan panjang, disesuaikan dengan ukuran lahan. Parit ini berfungsi sebagai tempat penanaman bibit rumput odot. Setelah itu, letakkan bibit rumput odot ke dalam parit dan tutup bagian atas dengan tanah. Pastikan penutupan tanah pada bibit cukup rapat untuk melindunginya dari paparan sinar matahari berlebihan yang dapat merusak pertumbuhannya. Penting juga untuk menyirami bibit rumput odot setelah penanaman dan terus memberikan air secara teratur guna mendukung pertumbuhannya yang optimal.

Cara Perawatan Rumput Odot

Cara merawat rumput odot melibatkan beberapa langkah penting, seperti penyiangan untuk membersihkan gulma di sekitarnya. Selain itu, jaga kelembaban dengan siram secara teratur agar mendukung pertumbuhan optimal rumput odot.

Pemangkasan juga merupakan bagian integral dari perawatan, dimaksudkan untuk menjaga ketinggian rumput odot agar tetap rapi dan tidak terlalu tinggi. Pemberian pupuk juga diperlukan guna memberikan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan subur rumput odot.

Baca juga : 1 Hektar Rumput Odot Untuk Berapa Ekor Kambing

Tindakan terakhir dalam perawatan melibatkan pengendalian hama dan penyakit untuk menjaga kesehatan rumput odot. Dalam situasi di mana terdapat hama atau penyakit, segera lakukan tindakan pencegahan untuk mencegah penyebarannya yang lebih lanjut.

Cara Memanen Rumput Odot

Pertama-tama, perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukan panen rumput odot. Disarankan untuk panen ketika tinggi rumput sudah mencapai kisaran 50-60 cm. Penting untuk tidak menunda panen hingga rumput tumbuh terlalu tinggi, karena hal ini dapat berdampak negatif pada kualitas rumput odot yang dihasilkan.

Proses panen dapat dilakukan dengan metode pemotongan rumput, dengan menyisakan sekitar 5-10 cm bagian batang rumput. Setelah pemotongan, disarankan untuk menyiram dengan pupuk organik agar daun dapat tumbuh kembali dengan baik. Waktu yang ideal untuk memulai panen adalah ketika rumput odot berumur sekitar 25-30 hari.