1 Hektar Rumput Odot Bisa Untuk Berapa Ekor Sapi

1 hektar rumput odot bisa untuk berapa ekor sapi ? Hijauan pakan adalah dasar dari pertumbuhan peternakan ruminansia untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Perencanaan awal mencakup ketersediaan hijauan pakan dalam bentuk padang rumput, yang akan memengaruhi tingkat produksi ternak. Maka, penting bagi penyediaan hijauan pakan untuk mempertimbangkan kualitas, jumlah, dan kelangsungan sepanjang tahun. Rumput odot adalah salah satu tanaman pakan yang memiliki potensi untuk ditanam. Rumput ini mempunyai pertumbuhan yang cepat, mampu menyesuaikan diri dengan berbagai jenis lahan, toleran terhadap naungan, memberikan respon yang baik terhadap pemupukan, dan memiliki tingkat produksi yang tinggi.

Pakan memegang peranan penting dalam beternak sapi. Tiap hari, sapi harus diberi pakan yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Perlu diketahui, sapi yang kekurangan pakan akan terlihat kurus dan reproduksinya tidak normal. Di sisi lain, sapi yang diberi pakan berlebihan setiap hari akan terlihat gemuk dan tidak menarik, serta reproduksinya mungkin juga tidak normal.

Kebutuhan Rumput Odot Untuk Sapi

Kebutuhan pakan harian untuk sapi sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian. Untuk kebutuhan Bahan Kering (BK), dapat dihitung sebagai 3 persen dari bobot sapi. Misalnya, jika sapi memiliki bobot 330 kilogram, maka kebutuhan BK-nya adalah 9,9 kilogram per hari.

Sementara untuk pakan rumput, sapi membutuhkan sekitar 10 persen dari bobotnya. Jika sapi memiliki bobot 400 kilogram misalnya, maka pakan rumput yang diberikan adalah sebanyak 10 kilogram. Jadi, jika kamu memiliki 10 ekor sapi dengan bobot rata-rata 400 kilogram, maka kamu perlu menyiapkan kurang lebih 400 kilogram rumput setiap harinya.

Produksi Rumput Odot per Hektar

Jika perkiraan produksi rumput Odot adalah 150 kg per hektar per tahun dalam bentuk segar, maka produksi totalnya adalah 450 kg per tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat produksi berkisar antara 58,86 hingga 229,14 ton per hektar per tahun, sehingga dapat digunakan untuk memelihara sekitar 9,72 hingga 21,33 ekor sapi dewasa atau sekitar 32,70 hingga 127,30 ekor kambing dewasa per hektar per tahun.

1 hektar rumput odot untuk berapa ekor sapi

Rumput yang cocok untuk pakan sapi ternak antara lain rumput gajah, rumput raja, rumput benggala, atau rumput setaria. Keempat jenis rumput tersebut memiliki kandungan nutrisi tinggi baik dari segi protein maupun serat kasar.

Rumput odot pakan sapi memiliki kandungan yang baik untuk nutrisinya. Ternak besar seperti sapi dan kerbau biasanya mengonsumsi rumput odot sebanyak 30 kg per hari per ekor, sementara ternak kecil seperti kambing dan domba diasumsikan mengonsumsi sekitar 5 kg rumput odot per ekor per hari. Hampir semua bagian dari rumput odot dapat dimakan oleh ternak, berbeda dengan rumput gajah yang biasanya hanya dimakan sekitar 60-70 persennya saja.

Cara menanam rumput pakan sapi adalah sebagai berikut :

  • Langkah awal adalah membersihkan lahan dari gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya. Selanjutnya, buatlah gundukan atau bedengan dengan lebar sekitar 60 cm hingga 80 cm serta tinggi sekitar 20 cm.
  • Setiap gundukan ditanami bibit dengan minimal 3 ruas, sementara 2 ruas lainnya ditanam di dalam tanah di tengah gundukan. Jarak antara tanaman dalam satu barisan sekitar 50 cm hingga 75 cm, sedangkan jarak antar barisnya sekitar 75 cm hingga 150 cm.
  • Untuk pemupukan dasar, berikan pupuk kandang hingga 3 ton per hektar lahan. Agar pertumbuhan rumput odot lebih merata, bisa dilakukan pemupukan tambahan setelah usia rumput mencapai 15 hari.

Rumput odot untuk sapi sangat efisien dalam peternakan saat ini, menanam rumput odot dilahan menjadi salah satu solusi.