1 Hektar Rumput Odot Untuk Berapa Ekor Kambing, Perhatikan!

Kebutuhan rumput odot untuk kambing harus diperhitungkan dengan cermat sesuai bobot kambing. Namun secara umum kebutuhan pakan kambing juga harus bervariasi, tidak hanya 1 jenis saja. Berbagai macam hijauan pakan ternak yang hendaknya mulai ditanam agar mudah mendapatkannya serta terpenuhi nilai nutrisinya.

Pentingnya Hijauan Makanan Ternak (HMT) dalam dunia peternakan tidak dapat diabaikan. Tanpa manajemen pakan yang efisien, ternak kambing yang dipelihara dapat mengalami kesehatan yang buruk karena ketersediaan makanan yang tidak konsisten. Oleh karena itu, perlu adanya metode yang tepat untuk mengatur supaya pasokan HMT untuk ternak tetap terjamin.

Beberapa jenis hijauan pakan ternak yang disukai Kambing dan Domba antara lain:

  1. Rumput Gajah
  2. Rumput Raja/King Grass
  3. Rumput Setaria
  4. Turi
  5. Kaliandra

Rumput Odot Untuk Kambing

Rumput odot memenuhi syarat sebagai salah satu jenis pakan hijauan yang dapat menjadi sumber nutrisi bagi ternak jika dikelola secara optimal, dan ketersediaannya dapat dipertahankan secara berkelanjutan, memiliki kualitas yang baik, serta harga yang terjangkau. Oleh karena itu, penanaman rumput odot sebagai pakan kambing dan domba merupakan keputusan yang bijaksana.

1 hektar rumput odot untuk berapa ekor kambing

Rumput odot adalah bagian dari varietas rumput gajah (Pennisetum purpureum). Di luar neger secara umum dikenal dengan Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass. Nama ilmiahnya adalah Pennisetum purpureum cv Mott. Awalnya, rumput ini ditemukan oleh Dr. W. Hanna di Georgia, Amerika Serikat, dan kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Dr. Mott dan timnya di Florida, USA. Di Indonesia, rumput ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 oleh pekerja Indonesia yang sebelumnya berpengalaman di Kanada, dan kemudian diadopsi dan dikembangkan di seluruh Indonesia.

Keunggulan Rumput Odot

  • Nutrisi yang cukup tinggi dibanding rumput gajah dengan protein kasar hingga 12-14 %, bahkan ada yang mencapai 17 %.
  • Tingkat kecernaan rumput ini mencapai 65-70%.
  • Palatabilitas bisa mencapai 80%, artinya hampir semua bagian rumput odot disukai kambing.
  • Produktivitas sangat tinggi, umur pertama panen hingga 70-80 hari, selanjutnya dapat dipanen sekitar 40-50 hari.

Padukan rumput odot dengan pakan lain seperti jenis hijauan lain, biji-bijian, dan tambahan gizi. Pastikan juga memberikan akses yang memadai ke air bersih. Rumput odot merupakan osumber pakan untuk kambing dengan kandungan nutrisi yang tinggi membuat pertumbuhannya yang cepat. Sehingga efisien dalam pengembangannya untuk ternak kambing.

Baca juga: 1 Hektar Rumput Odot Untuk Berapa Ekor Sapi

Dengan manajemen yang cermat, rumput odot dapat dijadikan sebagai sumber pakan yang berkelanjutan dan cost-effective. Meskipun demikian, tetaplah memperhatikan keseimbangan pakan dan memberikan perawatan yang baik untuk menjaga kesehatan serta produktivitas ternak.

Dengan pemahaman terhadap keuntungan tersebut dan penerapan panduan manajemen yang benar, para peternak dapat mengoptimalkan potensi rumput odot sebagai pakan kambing secara efektif.

Kambing Tidak Mau Makan Rumput Odot

Kambing makan rumput odot odot biasanya karena sudah kebiasaan diberi jenis rumput tersebut. Namun ada juga beberapa kambing yang tidak mau makan rumput odot, biasanya jenis Etawa. Sebenarnya bukan kerana tidak mau tapi karena tidak dibiasakan sebelumnya. Maka butuh beberapa cara agar kambing tersebut mau makan rumput odot. Salah caranya adalah dengan memberikan ramuan penambah nafsu makan pada kambing, sehingga merasa ada kebutuhan dari kambing untuk makan. Selanjutnya berikan rumput odot secara bertahap dicampur dengan rumput lain.

Produktivitas rumput odot dapat mencapai tingkat yang cukup tinggi, yakni sekitar 150 ton per hektar setiap tahunnya. Untuk ternak besar seperti sapi dan kerbau, diasumsikan bahwa mereka mengonsumsi rumput odot sebanyak 30 kg per hari per ekor. Sementara itu, ternak kecil seperti kambing dan domba diasumsikan mengonsumsi sekitar 5 kg rumput odot per ekor per hari. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat produksinya berkisar antara 58,86 hingga 229,14 ton per hektar setiap tahunnya. Dengan demikian, 1 hektar rumput odot untuk berapa ekor kambing ? rumput odot dapat digunakan untuk memberikan pakan bagi sekitar 9,72 hingga 21,33 ekor sapi dewasa atau sekitar 32,70 hingga 127,30 ekor kambing dewasa per hektar setiap tahun.